Tips dan Informasi Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes

Tips dan Informasi Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes | Olahraga pun mampu meningkatkan sirkulasi darah terutama kaki dan tangan, area di mana biasanya penderita diabetes memiliki masalah. Selain itu olahraga mampu menekan stres yang sering menjadi pemicu naiknya glukosa darah.
Berikut ini beberapa tips olahraga bagi penderita diabetes:

Berkonsultasi dengan dokter sebelum menjalani program olahraga pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan merekomendasikan olahraga apa yang sesuai dengan kondisi Anda. Dokter juga akan melarang Anda berolahraga jika glukosa darah lebih dari 250 mg/dl dan memiliki gejala:

Nefropati (kerusakan ginjal)
Retinopati (kerusakan pembuluh darah pada mata)
Neuropati (kerusakan syaraf dan sirkulasi darah di anggota badan)
Gangguan jantung seperti koroner, arritmia, infark miokard dan lainnya.

Olahraga Ringan Untuk Penderita Diabetes

Jika dokter sudah memberikan lampu hijau, mulailah dengan olahraga ringan seperti aerobik, berjalanan, bersepeda dan berenang. Olahraga ini mampu memperdalam pernapasan dan meningkatkan kerja jantung. Awali olahraga 15-25 menit setiap kali latihan selama beberapa minggu bagi Anda yang tidak terbiasa berolahraga. Hindari menambah porsi latihan berat maupun ringan secara drastis.

Penderita Diabetes Disarankan Memperhatikan Keamanan Kaki

Lindungi kaki dengan menggunakan sepatu yang nyaman dan aman. Selalu menggunakan kaus kaki nyaman, hindari lecet dan goresan di kaki, serta memeriksa apakah ada kerikil di dalam sepatu. Jika Anda memiliki masalah di kaki, pilihlah olahraga yang tidak membebani kaki seperti berenang, senam atau bersepeda.
Hindari mengangkat beban berat
Jangan mengangkat beban berat karena dapat meningkatkan tekanan darah secara tiba-tiba. Dan pastikan mengawali kegiatan olahraga dengan pemanasan dan mengakhiri dengan pendinginan selama 5-10 menit. Hal ini penting untuk menghindari cedera otot dan resiko jantung.

Kenakan Tanda Pengenal Diabetes

Gejala hipoglikemi atau kenaikan penyerapan glukosa oleh otot dan dapat menurunkan gula darah ke tingkat yang sangat rendah bisa dialmi penderita diabetes ketika berolahraga. Gejala ini melingkupi badan gemetar, jantung berdebar, keringat bertambah, pusing, rasa lapar, lesu, perubahan mood yang cepat, dan pusing. Untuk berjaga-jaga sebaiknya Anda menggunakan tanda pengenal diabetes.
Jika Anda mengalami gejala hipoglikemi, lakukan beberapa hal ini :

Penderita Diabetes Disarankan Melakukan Tes Gula Darah, Mengkonsumsi makanan atau minuman manis dan hindari makanan mengandung lemak karena dapat menghalangi penyerapan glukosa oleh tubuh.

Istirahat selama 10-15 menit.

Hindari berolahraga jika gula darah di bawah 100 mg/dl
Usai berolahraga makanlah makanan yang mengandung kerbohidrat kompleks seperti ubi, jagung dan roti.

Lakukan olahraga dengan riang dan bukan karena terpaksa. Anda bisa bergabung dengan klub olahraga diabetes yang ada di lingkungan Anda. jangan lupa untuk melakukan pengetesan glukosa darah 12 jam setelah latihan yang agak berat.

Pengetesan glukosa darah ini dilakukan untuk memeriksa apakah Anda mengalami hipoglikemi atau tidak. Semoga Tips olahraga penderita diabetes ini membantu Anda dalam menjalani hidup sehat. Semoga Bermanfaat.

Tags:
Tips dan Informasi Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes, Tips Sehat, tes gula darah, menghindari cedera, Tips dan Informasi Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes, Tips Sehat diabetes
Tips dan Informasi Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes
Tips dan Informasi Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes, tip terbaru , Tips dan Informasi Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes, Tips Sehat, tips, trik, kesehatan, olahraga, kecantikan, seksual, hubungan seks, fashion, cara menjaga, Tips dan Informasi Olahraga Yang Baik Untuk Penderita Diabetes