Menjaga Kesehatan Otak Dengan Olahraga

Menjaga Kesehatan Otak Dengan Olahraga | selain membuat tubuh menjadi sehat, ada banyak manfaat lain dari berolahraga. Mau tahu apa saja manfaat tersebut? inilah beberapa olahraga yang dapat menjaga kesehatan otak:

Memacu pertumbuhan otak

Tahukah Anda dengan bertambahnya usia, kelahiran sel-sel otak baru akan semakin lambat dan jaringan otak akan benar-benar menyusut. Dengan berolahraga, ternyata bisa mengurangi risiko terjadinya hal seperti itu. Dengan melakukan kardio akan meningkatkan aliran darah ke otak dengan bergerak secara terus menerus lebih baik dari pada hanya diam seperti menonton televisi tidak akan membantu kesehatan otak maupun jantung, dan apabila otak mendapatkan aliran oksigen yang menjadi kebutuhan terpenting maka kesehatannya akan selalu terjaga.

Menjaga Kesehatan Otak Dengan Olahraga, tips sehat menjaga kesehatan otak, olahraga teratur untuk jantung dan otak menjaga kesehatan otak

Menjaga Kesehatan Otak Dengan Olahraga


Mengatasi Depresi

Bila Anda sering depresi atau merasa cemas karena sesuatu hal, maka berolahragalah. Dengan berolahraga akan membuat suasana hati menjadi lebih senang dan tentunya bisa membuat Anda kembali konsentrasi untuk melakukan kegiatan. Mengapa dengan berolahraga suasana hati kembali senang? Karena meningkatnya produksi serotonin dan dopamin (hormon yang penting untuk membuat suasana hati lebih bahagia).

Meningkatkan fungsi otak

Jika otak Anda sehat, juga akan mendorong kesehatan tubuh serta menunjang kesehatan mental Anda. Otak memiliki fungsi kognitif, seperti mengatur kegiatan, membuat fokus terhadap suatu kegiatan, dan berpikir. Penelitian menunjukkan bahwa orang dewasa yang berusia 55-80 tahun dan berolahraga teratur memiliki kemampuan otak lebih tinggi empat kali lipat dibandingkan dengan orang yang tidak berolahraga.

Mengurangi stres

Dengan berolahraga juga akan menghambat pembentukan hormon kortisol atau hormon stres dan membantu Anda untuk bisa berpikir lebih jernih. Selain itu, berolahraga juga bisa membantu menghasilkan sel saraf baru untuk menggantikan sel otak yang rusak karena stres.

Meningkatkan Sensitivitas

Pada saat makan, tubuh Anda akan mengubah sebagian besar makanan menjadi gula darah (glukosa) sebagai bahan bakar untuk tubuh termasuk otak. Agar glukosa bisa terserap sempurna ke sel otak, hormon insulinlah yang menjadi perantaranya. Tetapi, ketika sel otak dibanjiri dengan glukosa akan mempengaruhi daya ingat serta cara berpikir Anda. Dan dengan berolahraga secara teratur dan terus menerus dapat merangsang sensitivitas insulin sehingga berguna untuk menstabilkan gula darah.

Demikian beberapa kajian dalam Menjaga Kesehatan Otak Dengan Olahraga yang dirangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat.
Menjaga Kesehatan Otak Dengan Olahraga
Menjaga Kesehatan Otak Dengan Olahraga, tip terbaru , Menjaga Kesehatan Otak Dengan Olahraga, tips sehat menjaga kesehatan otak, olahraga teratur untuk jantung dan otak menjaga kesehatan otak, tips, trik, kesehatan, olahraga, kecantikan, seksual, hubungan seks, fashion, cara menjaga, Menjaga Kesehatan Otak Dengan Olahraga