Manfaat dan Bahaya Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Manfaat dan Bahaya Minum Air Putih Bagi Kesehatan - Tubuh manusia sekitar 60% hingga 70% nya adalah cairan, maka anda harus mencukupi kebutuhan cairan anda sesuai dengan aktifitas anda, hilangnya cairan tubuh harus diganti.


Salah satu waktu paling penting untuk meminum air putih adalah saat pagi hari, jika anda merasa pusing saat bangun tidur dipagi hari itu mungkin karena dehidrasi kekurangan cairan tubuh jika anda bukan orang yang mudah bangun dimalam hari untuk minum, maka saat pagi hari yang terpenting adalah air putih. Dan berikut beberapa dari manfaat minum air putih.


Manfaat dan Bahaya Minum Air Putih Bagi Kesehatan, bahaya air putih bagi tubuh

Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

  • Memperlancar sistem pencernaan dengan mengeluarkan racun tubuh saat buang air kecil maupun besar, membuat penampilan lebih segar dengan mengeluarkan racun tubuh dari keringat dengan proses Detoksifikasi sehingga tubuh dan kulit terlihat lebih segar sepanjang hari.
  • Ginjal yang lebih sehat
    Kerja ginjal sangat berat jika tubuh kekurangan cairan, ginjal menyaring cairan urin, membersihkan dan menghilangkan zat racun dalam tubuh untuk dikeluarkan melalui urin, tanpa cairan yang cukup kinerja ginjal akan berlipat ganda untuk menjaga tubuh tetap bersih dan sehat, maka dari itu jika kurang sekali cairan dalam tubuh kemungkinan resiko penyakit batu ginjal akan lebih besar.
  • Membuat kulit lebih sehat dan segar, karena kekurangan cairan bisa menyebabkan dehidrasi dan dehidrasi akan membuat kulit menjadi kering dan dan terlihat lebih kusam, minum air putih yang cukup juga ternyata bisa menjadi kosmetik alami yang mungkin tidak kita sadari.
  • Minum air putih yang cukup dapat membantu untuk menurunkan berat badan, bagaimana bisa? karen minum air akan menekan nafsu makan meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bisa membakar kalori lebih banyak dan jika diikuti dengan olah raga pagi (artikel tips olah raga sehat) dan minum air putih dipagi hari ini akan sangat berguna untuk anda yang menjalani program diet atau ingin menurunkan berat badan dengan cara sehat.
  • Memperlancar buang air karena dengan bantuan cairan tubuh yang lebih akan lebih memudahkan sistem pencernaan terutama di usus besar yang dapat membantu menyerap nutrisi dan memperlancar keluarnya sistem pembuangan tubuh, baik itu buang air kecil maupun buang air besar. Dalam hal memperlancar sistem pembuangan tubuh juga bisa dibantu dengan makanan berserat seperti buah dan sayuran
  • Penyeimbang sistem Kelenjar Getah Bening adalah sistem pertahanan tubuh apabila ada mikroba/zat asing yang masuk kedalam tubuh maka Kelenjar Getah Bening pada tubuh akan bereaksi dan menghasilkan sel pertahanan tubuh sehingga tubuh lebih kebal terhadap penyakit dan tidak mudah sakit.
  • Air putih akan membantu memberikan supply energy terhadap otot
    Berdasarkan American College of Sports Medicine disarankan untuk minum air 2 jam sebelum berolah raga dan imbangi keluarnya keringat dengan tetap minum selama aktifitas olah raga, air yang cukup akan membantu agar otot tidak terlampau penat selama melakukan aktifitas olah raga, otot memerlukan cairan yang cukup untuk bereaksi dengan baik terhadap aktifitas olahraga.
Itu adalah beberapa dari hal pentingnya air putih, tapi jangan terlampau berlebihan mengkonsumsi air putih dalam waktu singkat karena hal ini juga ada efeknya. Beberapa diantaranya adalah:

Bahaya minum air putih terlalu banyak dalam jangka waktu singkat

  • Bahaya bagi ginjal
    Ginjal mengatur cairan dan garam dalam tubuh, terlalu banyak air akan melarukan garam dalam tubuh dan keluar bersama urin. Ginjal juga mengatur ukuran cairan yang tepat bagi tubuh sehingga ginjal akan bekerja lebih keras untuk menyaring dan mengeluarkan cairan tersebut dalam tubuh.
  • Hypothermia
    Dari studi yang dilakukan New England Journal of Medicine satu dari enam pelari maraton mengalami beberapa level hypothermia karena minum terlalu banyak air dalam waktu yang singkat, Hypothermia dalam arti harfiahnya adalah "Kekurangan garam dalam darah" penjabaran secara singkatnya adalah tubuh hanya memiliki kandungan garam sodiom dibawah 135 milimole per liter, yang normalnya adalah berkisar diantara 135-145 milimole per liter. Hypothermia dapat menyebabkan keracunan air (terlalu banyak air dalam darah), kelelahan, mual, sakit kepala yang berat, muntah-muntah, buang air kecil terus menerus, hingga dalam satu kasus bisa berakibat fatal seperti kematian.

Banyak lagi beberapa bahaya mengkonsumsi air putih terlalu banyak dalam waktu yang singkat, seperti hasil studi yang dirangkum dari Duke University Medical Center diantaranya adalah: tekanan darah rendah, pandangan kabur, detak jantung yang berlebihan karena volume darah dalam tubuh yang bertambah menjadikan jantung harus bekerja lebih keras memompa darah.

Jadi berapa banyak air yang semestinya harus diminum?
Tergantung aktifitas anda, cuaca juga berpengaruh, makanan yang dimakan jika makanan sudah banyak mengandung air (seperti buah dan sayuran) tidak perlu minum secara berlebihan, jika makanan anda banyak mengandung bumbu dan garam mungkin butuh air minum yang lebih, begitu juga jika anda termasuk orang yang mudah berkeringat dan beraktifitas tinggi, maka kebutuhan air sangat diperlukan lebih banyak. Tapi juga harus pastikan jangan minum air putih terlalu berlebihan dalam waktu yang singkat.

Jadi dalam menjalani hidup sehat selalu ada keseimbangan, jangan terlalu berlebihan dan jangan sampai kekurangan, tulisan ini sekedar berbagi informasi dan semoga bermanfaat.

Informasi ini dirangkum dari berbagai macam sumber diantaranya:
www.scientificamerican.com
www.cdc.gov
www.wikipedia.org
Manfaat dan Bahaya Minum Air Putih Bagi Kesehatan
Manfaat dan Bahaya Minum Air Putih Bagi Kesehatan, tip terbaru , Manfaat dan Bahaya Minum Air Putih Bagi Kesehatan, bahaya air putih bagi tubuh, tips, trik, kesehatan, olahraga, kecantikan, seksual, hubungan seks, fashion, cara menjaga, Manfaat dan Bahaya Minum Air Putih Bagi Kesehatan